Chat with us, powered by LiveChat Example

Sakit telinga saat bangun tidur di pagi hari



Berita Emas-Saat bangun tidur di pagi hari, sebagian orang mungkin pernah merasakan sakit pada salah satu atau kedua telinganya. Hal ini bisa terjadi karena faktor cuaca yang buruk ataupun infeksi.

Sakit pada telinga umumnya dapat terjadi di segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasa sakit yang dirasakan ini bisa terjadi secara konsisten atau hanya sesekali dalam waktu yang singkat.

Dikutip dari WebMD, berikut ini mungkin bisa jadi penyebab munculnya rasa sakit di telinga saat bangun tidur.

1. Infeksi telinga

Telinga yang sakit saat bangun tidur bisa terjadi karena infeksi, adanya nanah atau cairan yang keluar. Infeksi yang paling umum terjadi adalah otitis eksterna (infeksi telinga luar) dan otitis eksterna media (infeksi telinga tengah).

Otitis eksterna menyebabkan peradangan tabung yang terletak di antara gendang telinga dan telinga bagian luar (saluran telinga luar). Rasa sakit yang ditimbulkan bisa biasa saja atau sangat parah. Selain itu, otitis media dapat menyebabkan penumpukan cairan serta peradangan yang terjadi di belakang gendang telinga.

2. Cedera telinga

Sakit telinga yang dirasakan saat pagi hari bisa terjadi karena terdapat goresan atau cedera di bagian telinga. Ini bisa saja terjadi karena membersihkan kotoran yang terdapat pada saluran telinga, dengan cotton bud yang terlalu dalam.

Biasanya, tindakan seperti itu bisa mengikis saluran telinga, mendorong kotoran jauh lebih ke dalam, dan menyodok gendang telinga. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

3. Penumpukan kotoran telinga

Sebagian orang dapat menghasilkan kotoran telinga lebih banyak daripada yang lain. Ini bisa menyebabkan penyumbatan di dalam saluran telinga yang terasa menyakitkan dan mengganggu pendengaran. Keadaan ini juga bisa menimbulkan 'plug earwax', atau kondisi kotoran yang mengeras dan menutup lorong telinga.

4. Infeksi tenggorokan

Sakit pada telinga juga bisa menjadi gejala dari infeksi tenggorokan, seperti tonsilitis atau radang amandel yaitu kondisi amandel yang mengalami peradangan atau inflamasi. Pada kondisi ini, telinga dan tenggorokan sama-sama merasakan sakit yang cukup menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Abses gigi

Telinga yang sakit juga terkadang berdampak dari abses gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan menumpuknya nanah pada gusi atau gigi, sehingga menimbulkan rasa sakit yang intens dan berdenyut. Rasa sakit ini kadang-kadang bisa menyebar ke arah telinga.